Tuesday, July 26, 2016

Final Fantasy - Brave Exvius : Next level Social RPG



Disaat semua orang keliling kota untuk nangkep Pokemon dengan aplikasi Pokemon GO. Gua malah lebih sibuk naikin level character-character gua dalam game terbaru keluaran Square Enix; Final Fantasy - Brave Exvius.

FFBE sebelumnya sudah menjadi game mobile yang sukses di Jepang. Dan sekitar dua bulan yang lalu, Square Enix melepaskan FFBE secara global. Tetapi patchnya masih kalah 6 bulan dari yang versi Jepang.

Dalam membuat FFBE, Square Enix bekerja sama dengan Gumi Inc.; Perusahaan yang membuat Brave Frontier. Itulah sebabnya kalian yang memainkan Brave Frontier sebelumnya akan merasa sangat familiar ketika pertama kali memain game ini. Pada dasarnya game ini adalah Brave Frontier dengan karakter Final Fantasy.

Kalau kalian adalah penggemar Final Fantasy sebelumnya, kalian akan sangat familiar dengan karakter-karakter yang muncul dalam FFBE seperti Zidane (FF9), Vaan (FF12), Kefka (FF6), Cecil (FF4) dan masih banyak lagi. Beberapa karakter juga belum muncul di versi globalnya tapi sudah ada di versi Jepangnya, seperti Lightning (FF13) dan Ramza (FFT). Kemungkinan akan muncul dalam 6 bulan kedepan (Setelah patch game globalnya ngejar patch Jepang).  Tapi sayangnya, ada beberapa karakter yang sebenarnya cukup terkenal tapi tidak muncul namanya seperti Cloud (FF7) dan Squall (FF8)(gua bisa mendengar suara retakan di hati kalian para penggemar Final Fantasy :( ). Untuk penggemar Brave Frontier, kalian harus berbahagia karena karakter-karakter Brave Frontier juga akan hadir dalam FFBE.

Memang beberapa orang akan langsung ngga selera lihat grafisnya. Tapi secara personal, gua sangat suka gambar-gambar pixel art dalam game, apalagi yang animasinya mulus. Maka dari itu secara grafis, gua sangat suka dengan gaya gambar FFBE. Dan ditambah dengan musik khas dari franchise Final Fantasy. Penggemar Final Fantasy klasik akan langsung betah dalam game ini saat memenangkan battle pertama mereka.

Pada awalnya, FFBE tampak seperti Social RPG pada umumnya, Kita punya Stamina yang terbatas untuk menjalankan misi, Kita bisa minjam karakter teman kita untuk slot ke-6 dalam party, untuk mendapatkan karakter kita harus melakukan summon. Kemudian kita bisa fuse karakter kita yang ngga terpakai untuk mendapatkan exp. dan setelah mencapai level tertentu kita bisa mengevolusikan karakter kita. Standar kan?

Sampai ketika kita membahas Sistem Battlenya, di sinilah FFBE jauh bersinar diantara Social RPG lainnya. Pada umumnya battle dalam Social RPG, kita hanya diberi 2 pilihan. Menyerang atau membuka skill. Umumnya, dalam game tersebut kita cukup melakukan auto dan kemenangan kita akan ditentukan dari cukup atau tidaknya level karakter-karakter kita. Kalau kita tidak Auto, kita juga hanya melakukan hal yang sama dengan mode Autonya. Nyerang dengan karakter, kemudian buka skillnya ketika skillnya bisa dibuka.


Battle dalam FFBE bisa dibilang adalah battle Brave Frontier yang di upgrade. Dalam game ini Karakter tidak memiliki hanya 1 atau 2 skill seperti karakter dalam Social RPG pada umumnya. Battle sistem sangat mirip sekali dengan Final Fantasy klasik dimana masing-masing karakter memiliki satu set skill yang unik-unik sesuai dengan job. Sehingga memungkinkan masing-masing karakter memiliki tugasnya masing-masing. Ada karakter support yang fungsinya menjaga agar karakter lain tidak mati sekaligus memberi debuff ke musuh. ada karakter tanker yang fungsinya jadi samsak untuk dipukul, ada karakter phsycal nuker yang fungsinya khusus untuk mukul musuh sampai mampus, ada juga yang magical nuker dengan berbagai elemen untuk menyerang musuh yang lemah terhadap elemen tertentu.

Boss yang cukup susah untuk sekarang
Sistem battle FFBE memungkinkan permainan yang lebih kompleks. Dan dengan strategi yang tepat, kita dapat mengalahakan musuh yang levelnya jauh diatas kita. Tetapi dengan strategi yang tidak tepat juga, kita dapat kalah dengan musuh yang levelnya dibawah kita.

Walaupun demikian, game ini jarang memberikan battle yang cukup sulit sampai kita harus berstrategi dalam memainkannya. Pada akhirnya kebanyakan battle dalam game ini dapat dimenangkan dengan sekedar menyerang biasa. Tapi tetap ada battle-battle yang cukup sulit sampai kita harus berstrategi dalam menjalaninya. Hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk PVPnya (yang belum hadir di globalnya untuk saat ini). Pada umumnya PVP di game Social RPG lainnya hanya tersedia dalam mode Auto dimana kita hanya bisa menonton karakter-karakter kita diaudi dengan karakter orang lain. PVP dalam FFBE dikontrol oleh kita sendiri dan mengharuskan kita berpikir strategik. Mulai dari urutan karakter lawan yang harus dijatuhkan sampai bagaimana mengantisipasi serangan dari mereka.

Satu hal yang menjadi nilai kurang dalam game ini adalah progresi gamenya yang terasa lambat. Serta energi yang sangat terbatas.
Memang pada awal permainan kita bisa memainkan banyak misi sekaligus, tapi cepat atau lambat kita akan sampai pada titik dimana kita hanya bisa memainkan 2 misi setiap 2 jam.

Selain sisterm battle yang unik, beberapa aspek yang unik dalam FFBE antara lain; Exploration mode dimana kita bisa menjelajahi dungeon dan kota untuk membuka peti dan mendapatkan item, ada banyak juga peti-peti tersembunyi selayaknya RPG yang kita sering mainkan dulu, Ada juga Esper (Summon) yang sudah dikenal dengan penggemar Final Fantasy seperti Shiva, Ifrit, Siren yang bisa kita dapatkan secara opsional. Cara mendapatkan Espernya bermacam-macam mulai dari berbicara dengan NPC tertentu dikota, atau explore dipeta tertentu dan menjalankan misi sampingannya, atau bahkan membuka jalan rahasia di peta tertentu. Hal-hal seperti ini memang bukan hal baru dalam RPG yang dulu kita mainkan di konsol, tapi menghadirkannya dalam Social RPG jelas memberi warna baru yang menarik serta terasa nostalgic.















----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jelas, kebanyakan orang yang mendownload game ini adalah penggemar-penggemar Final Fantasy. Walaupun demikian, secara objektif game ini memang cukup bersinar antara game-game lainnya dalam genre yang sama.

FFBE memperbaiki battle system Social RPG yang selama ini bagi gua terasa agak kurang. Gua ngga pernah bertahan dengan Social RPG lain sebelumnya karena setiap gua memainkan battle di Social RPG lainnya, rasanya seperti hanya menonton sekumpulan karakter saling memukul. Tidak banyak yang kita bisa lakukan kecuali menaikkan level kalau kita kalah. Yang pada akhirnya akan terasa sangat Grindy (naikin level secara intensif).

FFBE benar-benar membawa sesuatu yang baru dalam dunia Social RPG. Dimana kita memiliki kontrol penuh dan banyak opsi dalam battle kita. Memungkinkan permainan lebih dari sekedar menonton dan menaikkan level seperti Social RPG lainnya. Exploration Mode, Jalan Rahasia serta Esper juga memberikan warna baru yang unik dalam genre Social RPG. Dalam kasus gua, fitur itu lebih terasa nostalgic daripada baru.


Overall gua akan memberi 4,5 bintang untuk Final Fantasy - Brave Exvius. Yang berarti gua akan sangat merekomendasikan kalian para penggemar mobile game terutama Social RPG untuk mencoba Final Fantasy - Brave Exvius. :)

1 comment: