Wednesday, January 28, 2015

Friendzone itu mitos

Aku sering melihat post di internet tentang bagaimana seorang cowo terjebak dalam Friendzone, dimana ia berusaha mendekati seorang cewe dengan sepenuh hati, ia mencoba segala cara untuk mendekati cewe itu dan pada akhirnya cewe itu hanya menganggap dia seorang teman.

Aku juga pernah beberapa kali melihat temanku di Friendzone dan mereka mempertanyakan keadilan dunia. Kenapa semua usaha mereka tidak pernah dihargai oleh cewe yang mereka dekati, padahal mereka sudah sangat baik sama cewe ini. Membukakan pintu untuk dia, membayari dia makan  dan mendengarkan semua curhatan cewe ini. Tapi cewe ini tetap melihat dia sebagai seorang teman dan tidak lebih dari itu.



Dan ntah kenapa bagi cowo-cowo, ini adalah hal yang buruk.

Kalau dipikir-pikir, Friendzone itu berlaku untuk cewe juga, bukan cuma cowo. karena Friendzone terjadi ketika ada 1 pihak yang mendekati pihak lain, makanya kebanyakan cowo yang kena Friendzone karena cewe jarang ada yang mau menginisiasi pendekatan.

Kalau kalian punya teman yang sedang di Friendzone, terutama cowo. Perhatikan cewe yang tengah menFriendzone dia. Aku berani menjamin cewe itu cantik, kalau ngga cantik pun minimal wajahnya menegah keatas dalam Bursa Pasangan (Bursa pasangan adalah cara aku menyebut kumpulan cewe-cowo jomblo yang tengah mencari pasangan.). Dan biasanya cewe itu populer diantara lingkaran teman kalian.

Berani jamin, ngga ada teman kalian yang di Friendzone sama cewe jelek, kalau ada serahkan foto dan bukti pengakuan dari cowo itu.

Tapi ayo kita berpikir sejenak, Masak iya itu cuma kebetulan? kalau semua cewe yang menFriendzonekan orang adalah cewe yang cantik dan populer, atau ada pola dibalik semua fenomena Friendzone ini?


Kalau kalian adalah salah satu cowo yang sedang di Friendzone sekarang, dan merasa kalian sudah cukup baik sama cewe yang kalian suka. dan menurut kalian dia punya hutang sebuah status pacar dengan kalian karena kalian sudah baik sama dia. Pikir lagi! apa hutang dia sama kamu sampai dia harus jadi calon istri kamu?

Hanya karena kamu baik sama dia tidak berarti dia berhutang status sama kamu

Here's the thing, Cewe itu ngga minta kamu baik sama dia. Dia ngga butuh kamu baik sama dia, kalau kamu ngga baik sama dia, masih ada 5 yang lain yang baik sama dia. Karena dia cantik! itulah sebabnya yang menFriendzone orang adalah cewe cantik. Karena cewe jelek ngga mendapat kemudahan cewe cantik. Just telling the truth, not to hurt anyone.

Masih merasa ngga adil karena kalian merasa kalian sudah berusaha?

Coba kamu pikir, kita sebagai cowo punya kriteria cewe seperti apa yang disukai, dan kita bisa memilih cewe mana yang mau kita dekati. Kalau tidak suka Jessica maka aku tidak berusaha mendekati dia. Tapi karena aku suka Jesslyn, aku berusaha mendekati Jesslyn, aku menjadi sangat baik dengan dia tapi karena dia ternyata ngga suka sama aku, aku di Friendzone. Not fair? coba lihat dari sisi Jesslyn.

Sama kaya cowo, Cewe pasti punya kriteria cowo yang dia sukai. Tapi mereka ngga bisa milih cowo mana yang boleh mendekati mereka, Walau aku bukan kriteria Jesslyn, Jesslyn ngga bisa ngelarang kalau aku tetap berusaha mendekati dia. Dia ngga bisa melarang siapapun yang ingin mendekati dia karena cowo ngga pernah minta izin kalau mau mendekati cewe. Kalau minta izin dulu mungkin semua isu Friendzone ini ngga akan terjadi.

Cewe juga punya kriteria cowo idamannya

Ini yang sering ngga disadari sama cowo, adalah cewe punya kriteria cowo yang mereka sukai juga sama seperti kita yang punya kriteria cewe idaman kita juga. Kalau memang kamu di Friendzone walaupun kamu sudah baik banget sama cewe ini, Just Face it! maybe you're not her type.

At some point, kamu pasti pernah ngeFriendzone teman mu juga. Tapi kamu ngga pernah sadari itu, padahal dia sudah baik banget sama kamu tapi karena dia bukan tipe kamu, kamu menolak untuk menjadi pacarnya, tetapi tetap merespon kebaikannya dengan sopan karena kamu ngga mau terkesan kasar.

Kita menganggap bahwa yang dibutuhkan cewe adalah cowo yang baik sama dia, mungkin karena semua cewe selalu bilang "Aku cuman butuh cowok baik yang mau mendengarkan aku dan menjaga aku bla bla bla". Padahal sebenarnya ada banyak kriteria yang lebih spesifik daripada itu.

Kalau memang cewe berhutang status sama kamu karena kamu baik sama dia, Bayangkan seberapa tidak adilnya bagi mereka karena mereka ngga bisa memilih sesuai tipe mereka. sedangkan kita bisa memilih cewe sesuai selera kita.

Nice guy finish last? Tergantung nicenya gimana

"tapiii... tapii aku baca di internet kalau Nice guy emang selalu finish last!"
Seriously? It's an internet joke. Real nice guy don't finish last.

Bagi kalian yang merasa kalian adalah Nice guy tetapi mempertanyakan kenapa cewe masih belum menerima kalian, Pikir dulu. Apakah kalian benar-benar Nice guy? Cek ego kalian. Apakah kalian baik sama dia karena kalian memang baik, atau baik sama dia dan mengharapkan dia menjadi pacar kalian. Kalau memang kalian baik tetapi mengharapkan sesuatu lebih. That's not Nice guy, That's Selfish guy. Itu adalah ke-egoisan at its best.

Masalah sebenarnya bukanlah friendzonenya tapi mindset kamu

Arti sebenarnya dari Friendzone adalah : You're not my type, stop trying. I won't let you down hard, don't worry.

Bukan hal yang buruk kalau cewe memang memilih cowo sesuai tipe mereka karena bisa kamu bayangkan kalau kamu ngga boleh milih cewe sesuai tipe kamu? Ada banyak cewe yang kamu ngga suka tapi kamu harus pacaran sama mereka karena mereka udah baik sama kamu.

Jangan merasa cewe punya hutang status sama kamu karena kamu sudah baik sama dia. dan sadari kalau semua orang berhak memilih. Mungkin suatu hari dia memilih cowo yang ngga lebih baik darimu, kamu tinggal bilang "cewe bodoh" dan tinggalkan semuanya.

Saran aku kalau memang kamu sedang dalam friendzone sekarang adalah : Stop trying, Move on. Jangan terlalu dipikirkan kenapa dia ngga mau sama kamu, masih banyak calon pasangan lain yang beredar di Bursa Pasangan yang mungkin tipe pasangan idamannya adalah kamu.

Terlalu lama larut dalam kegalauan cuman akan merusak penampilan kamu. Ngga percaya? Coba aja lihat teman mu yang lagi galau, pasti penampilannya ancur.

Pernah terkena Friendzone? Comment di bawah cerita pengalaman kalian mengenai Friendzone. :)

No comments:

Post a Comment