Friday, October 3, 2014

Perhatian teman-teman Blogger! Ini bahaya menggunakan gambar dari google!


Teman-teman sesama blogger, ataupun yang suatu hari berniat blogging. kalian pasti akan ingin membuat blog kalian lebih menarik dengan cara menambah gambar di entry kalian. Kalau kalian bukan orang-orang yang bergerak di bidang visual seperti Fotografer, Ilustrator atau Desainer. Kemungkinan besar kalian akan mengambil gambar dari Google Image.

Misal kan kalian menulis blog tentang anggur, kalian lalu mencari gambar anggur dari google dan mendownload gambar dari sana yang paling bagus lalu memasukkannya ke entry kalian. kadang bahkan langsung menggunakan url foto tersebut untuk memasang foto di entry kalian. Nah, entry kalian sudah cantik. Pikir kalian sekarang.

Banyak dari kalian yang tergoda untuk melakukan hal tersebut untuk mempercantik blog kalian tanpa memikirkan bahaya dibalik tindakan itu. Sebelum kalian membaca lebih lanjut. Apabila kalian sudah terlanjur melakukan hal di atas, apabila kalian memiliki blog dengan gambar yang anda dapat dari google secara random. ini saran saya, buka blog kalian sekarang, dan hapus gambar itu!. Jangan khawatir soal entry-mu yang sekarang kosong. saya akan memberi cara untuk mendapatkan foto secara benar dan aman. 
Sudah menghapus gambar-gambar itu dari blog kalian? bagus. Nah sekarang saya akan menjelaskan apa yang saya maksud dengan bahaya menggunakan gambar dari google image secara random.
Bahaya menggunakan gambar random dari google

"Seorang blogger terkenal Roni Loren, terkena panggilan dari seorang fotografer yang tidak senang karena mengetahui bahwa Roni Loren menggunakan fotonya di blognya tanpa seizinnya. Roni Loren mendapatkan gambar tersebut dari Google Image dan langsung menggunakannya tanpa mengetahui bahwa foto itu adalah milik orang lain.

Fotografer tersebut lalu meminta foto itu untuk segera dihapus. dan Roni Loren pun segera menghapusnya, tetapi sekedar menghapusnya tidak menyelesaikan masalah. Fotografer tersebut menginginkan denda yang cukup besar. dan pada akhirnya proses hukum pun berjalan dan Roni Loren harus membayar biaya pengacara, ditambah membayar denda untuk gambar yang sudah ia hapus dari websitenya."

Sumber : http://www.roniloren.com/blog/2012/7/20/bloggers-beware-you-can-get-sued-for-using-pics-on-your-blog.html

Sudah ada banyak blogger yang terkena kasus seperti ini dan saya yakin kalian ngga mau jadi salah satunya.

Tapi mungkin kalian berpikir, kok bisa sih seperti itu? Apa hak mereka menuntut?


Hak cipta (Copyright) dan Pencurian Gambar

Di hukum hak cipta modern. Semua gambar yang kalian temukan di internet. Semuanya adalah milik seseorang dan karya itu dilindungi oleh sebuah hak cipta. yang berarti apabila kalian menemukan sebuah gambar di internet. lalu mendownloadnya tanpa izin dan menggunakannya di blog kalian atau menguploadnya ke tempat lain tanpa izin tertulis atau memenuhi ketentuan prosedur penggunaan gambar, maka kalian sedang melakukan tindak kriminal yang disebut Pencurian Gambar

Kalian bingung? biar saya ilustrasikan saja. Misalnya saya adalah seorang fotografer, lalu saya mengupload foto saya ke blog saya (blog ini). lalu kalian tanpa memberitahu saya, langsung mengambil foto tersebut dari blog saya, dan menguploadnya ke blog kalian. Secara hukum, saya berhak menuntut kalian dan meminta foto itu untuk dihapus dari blog kalian, dan walaupun kalian hapus, saya berhak mendenda kalian atas penggunaan karya saya tanpa izin dari saya.

Memang saya tidak mungkin menuntut kalian kalau kalian menggunakan gambar saya. Tetapi ketahuilah kalau saya memiliki kekuatan hukum untuk melakukan itu. Dan di luar, tidak semua orang seperti saya. Ada yang memang tidak suka karyanya diambil orang dan melakukan segala cara untuk menghukum pencuri karyanya.

Mungkin ada beberapa dari kalian yang sudah membaca sampai sini, berpikir "Gambar saya ngga pernah bermasalah tuh?". Well, itu karena pemilik gambarnya tidak menyadari gambarnya telah dipakai tanpa izin. Syukur-syukur setelah selama ini, pemilik gambar tersebut tidak menyadarinya, tapi aku berbicara kalau kalian lagi apes gimana? kebetulan pemilik gambar itu lagi berjalan-jalan blog terus nemuin blog kalian, lalu melihat gambar yang ternyata adalah karyanya digunakan di blog kalian. Terus pemilik gambarnya reseh, pengen meras kalian. dan kalian ngga bisa berbuat apa-apa karena dia berhak melakukan itu, kan yang salah kalian? sudah mengambil gambar miliknya tanpa izin.

Lalu ada lagi kemungkinan, seberapa besar sih kemungkinan pemilik gambar itu bisa jalan-jalan ke blog kita?. Pemikiran seperti ini bisa diumpamakan naik motor tanpa helm. seberapa besar sih kemungkinan kalian jatuh dari motor lalu terbentur kepalanya? kita tidak tahu kapan kita apes. tapi kita harus berjaga-jaga.

Jaman sekarang, ada website seperti Tineye yang bisa membuat pelacakan gambar semakin mudah. Ini artinya pemilik gambar bisa melacak posisi gambarnya di internet. bahkan bisa melacak gambar yang sudah diedit, diresize dan dicrop. Ini artinya, kalau kalian menggunakan gambar dari seniman terkenal terbaru, ada kemungkinan gambar itu akan terlacak oleh pemilik gambar dan apeslah kalian.

Dan kalau memang sudah bermasalah. ya bermasalah saja, tidak peduli kalian :
  • Memberi link menuju website sumber, dan menulis nama pemilik gambarnya
  • Mengecilkan ukuran gambarnya
  • Melakukannya tanpa mengetahui apa-apa
  • Punya website non-komersil dan tidak menghasilkan uang dari gambar itu.
  • Tidak mengklaim gambar itu milik kalian
  • Tidak mendownload gambar itu melainkan mengcopas url saja
  • Sudah punya pesan bahwa gambar itu bukan milik kalian
  • Langsung menghapus gambar itu (kalian tetap harus menghapus gambar itu, tapi tidak menyelesaikan masalah kalian)
Semua tindakan diatas tidak menyelesaikan masalah kalian! Jadi sebelum kalian mendapat izin tertulis dari pemilik gambar, jangan pernah menggunakan gambar itu! kalian juga ngga suka kan kalau ada orang yang menggunakan karya kalian tanpa seizin kalian? jadi jangan gunakan gambar orang lain!

Jadi teman-teman blogger, ini yang saya ingin kalian lakukan.


1. Hapus semua gambar yang kalian gunakan tanpa izin di web kalian! Memang kemungkinan kalian dituntut itu sangat kecil. Tapi jangan bermain api! Sekali lagi, kita tak tahu kapan kita apes!

2. Gunakan Gambar yang kalian buat atau foto sendiri! Kamera Handphone semakin hari semakin canggih. resolusi yang dihasilkan dari beberapa kamera handphone zaman sekarang sudah menyamai bahkan melebihi resolusi kamera pocket zaman dulu.


3. Kalau memang harus mencari gambar di internet, carilah yang memang diperbolehkan untuk digunakan. ada beberapa gambar yang memang ditujukan untuk digunakan oleh orang lain, dengan beberapa syarat seperti mencantumkan pemilik gambar ketika kamu menggunakan gambar itu. jangan gunakan google image untuk mencari gambar! ini salah satu website yang saya gunakan untuk mencari gambar untuk blog saya. http://photopin.com/. Saya akan menulis 1 artikel lagi terkait cara menemukan dan menggunakan gambar yang memang free-to-use (dengan beberapa syarat). kalau kalian mau ambil gambar seperti sebuah logo dari sebuah website, manfaatkan lah fitur snipping tool di komputer kalian atau cari cara untuk men-screenshoot saja, itu lebih aman dari pada langsung ambil dari google image.

4. Sebarkan artikel ini ke teman-teman blogger! Jangan sampai ada blogger yang tidak mengerti soal ini karena ini adalah masalah serius.

Jangan sampai ada teman-teman blogger yang jadi korban karena tidak mengetahui soal ini. bukannya paranoid. Tapi sekali lagi, kita tidak tahu kapan kita sial. Jangan sampai kita baru belajar ketika kita sudah kena sialnya. Belajar lah dari blogger-blogger yang sudah menjadi korban di masalah ini.


Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai habis!
Artikel ini ditulis berdasarkan beberapa sumber berbeda dan teori saya sendiri. jadi kalau ada yang kurang atau salah, monggo diperbaiki.

Silahkan komen di bawah tanggapan kalian soal masalah ini. :)

Dan kalau teman-teman tahu cara yang lebih baik untuk mendapatkan gambar free. silahkan komen di bawah juga.

9 comments:

  1. Apa bedanya ngambil gambar dari website seperti logo secara langsung dengan ngambil pake snipping tool? Kan sama-sama ngambil dari sana mas Yong. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gini mas, disetiap file itu ada namanya metadata...metadata itu semacam sebuah kode untuk menjelaskan gambar ini di ambil kapan, dimana, oleh siapa, dengan apa... nah kalau misalnya seseorang ngambil foto pakai kamera, maka akan ada metadata yang menjelaskan gambar ini diambil dengan kamera apa dan kapan dan informasi lainnya...

      kalau misalnya mas screen capture gambar itu, maka gambar itu akan menjadi file baru yang dihasilkan oleh aplikasi screen capture yang mas pakai, sehingga metadatanya hanya akan mengatakan gambar ini diambil dengan snipping tool pada tanggal sekian dan tidak ada informasi lain yang bisa digunakan untuk melacak gambar ini..

      kira2 mengerti mas? intinya kalau udah dicapture, metadatanya berubah dari data originalnya... :)

      kalau ada pertanyaan monggo ditanyakan lagi... :)

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Kalau ambil dihttp://photopin.com, apa perlu di edit lagi mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ambil foto dari sana... kamu bisa masukin link yang mereka kasih ke caption foto kamu... gua kemarin mau buat tutorial soal itu tapi kelupaan karena artikel ini kurang pembacanya.. hehe... nanti aku buatin ya artikelnya.. di tunggu... minggu ini mungkin selesai.. .:)

      Delete
    2. photopin.com tertulis free, apa itu artinya boleh diambil buat apa sj, misal background buku dll yg tentunya jg buat komersial jg jk buku itu terjual.

      Delete
  4. Gan kalu ambil gambar dari situs kapanlagi.com buat bikin bahan video foto slide bahaya ngga gan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ngga di publish secara online... misal di masukin ke youtube gt gpp...
      yang penting adalah kita ngga menggunakan foto itu untuk keuntungan komersial pribadi gan...

      Delete
  5. Jadi kosongan gitu blog ane entar

    ReplyDelete