Friday, September 19, 2014

Money lover, aplikasi untuk mengatur jajanmu

Aku adalah seorang mahasiswa di kota orang. Jadi sudah pasti aku jauh dari orang tua dan harus mengatur keuanganku sendiri. Tapi karena jauh dari orang tua, sering kali aku gagal mengatur keuangan sendiri. Mungkin karena aku jadi bebas jajan apa saja tanpa di tegur orang tua.
Aku punya hobby jajan, sangat suka beli barang ngga penting yang akan ku lupakan besoknya dan suka jajan makanan dan cemilan sepanjang hari. Dan sering kali aku melakukan hobby aku tanpa aku sadari. Dan disaat aku sadar, rupanya ATM ku sudah kosong. Dan kalau itu sudah terjadi, aku cuman bisa bertanya ke diri sendiri "kemana aja semua duit aku?" Seakan duit itu lagi liburan ke luar kota dan bakal balik lagi minggu depan.

Kalau kalian juga mengalami kejadian yang sama seperti aku. Berarti kalian kurang mengatur keuangan kalian. Aku sudah dari lama menyadari bahwa aku kurang mengatur keuanganku. Sehingga aku selalu kebingungan saat uang ku sudah ngga bersisa. Padahal kalau minimal aku nyatat apa aja yang udah aku beli, minimal-minimal aku tahu uang aku hilangnya kemana. Dan ngga mengutuk-ngutuk diri sendiri di depan ATM.

Aku pernah mencoba mencatat apa saja yang udah aku belanjakan ke file excel, tetapi catatan kaya gitu bener-bener ngerepotin. Karena aku mencatatnya pas malam, pas udah beraktivitas disiang hari dan malamnya aku malah lupa apa aja yang udah aku belanjain. Lalu aku mencoba mencatatnya di memo hp, tapi di memo hape angkanya tidak bisa di perhitungkan langsung dan hanya bisa di hitung kalau kita masukkan ke excel kita (kecuali matematika kalian tinggi, kalau aku sih malas hitung-hitungan)

Jadi akhirnya aku mulai mencari aplikasi untuk memudahkan pengaturan keuangan ku hingga akhirnya aku nemuin aplikasi Money Lover.


Kalau kalian akuntan yang jago dan ngga butuh aplikasi untuk ngitungin, nyatatin, dan buatin laporan untuk pengeluaran jajan kalian secara otomatis. Kalian boleh pindah ke artikel lain sekarang.

Hmm.. masih baca? Berarti kalian butuh aplikasi ini.
Aplikasi Money Lover, adalah aplikasi manajemen keuangan yang bisa kalian download secara gratis di appstore dan googleplay smartphone kalian. Nah, pada dasarnya aplikasi ini digunakan untuk mencatat segala transaksi (pengeluaran/pemasukan) yang terjadi di uang jajan (saldo) kalian.
Pada saat baru memulai aplikasi ini, kalian akan disuruh membuat dompet (wallet) kalian lalu kalian di suruh memasukkan jumlah saldo yang kalian miliki sekarang. Kalian bisa punya lebih dari 1 dompet dalam 1 aplikasi. Jadi misalnya kalian mau memisahkan antara uang di dompet dan uang di ATM kalian, atau bahkan kalau kalian punya lebih dari 1 rekening bank, kalian bisa membuat catatan keuangan untuk masing-masing tempat kalian menyimpang uang.


Nah, setelah kalian membuat dompet kalian, kalian bisa langsung mulai mengurangi atau menambah saldo kalian. Ketika kalian mengetuk tanda plus warna hijau yang ada di bawah layar dompet kalian, kalian akan dibawa ke jendela transaksi kalian untuk dompet yang sedang terbuka sekarang. Lalu kalian bisa mulai mendefinisikan transaksi kalian, apakah itu pemasukan atau pengeluaran, dan dalam kategori apa, misalnya pengeluaran membeli makanan, lalu definisikan jumlahnya. Lalu kalian bisa memasukkan catatan misalnya barang apa yang kalian beli, dan di bawahnya kalian bisa catat nama orang yang bersangkutan (bisa saja penjualnya, nama tokonya, atau nama teman makan anda).

 

Ingat, transaksi yang kalian input di sini hanya berlaku untuk dompet yang sedang aktif, kalau kalian punya lebih dari 1 dompet, kalian harus mengaktifkan dompet itu terlebih dahulu.
Nah, setelah beberapa waktu, catatan transaksi kalian akan menjadi banyak dan kalian bisa mereview pengeluaran kalian dalam bentuk grafik.



















Jadi kalian bisa mereview kalian boros di mana. Dan mulai mengurangi pengeluaran di kategori itu.

Kalian juga bisa membuat tabungan untuk rencana kalian. Nah, uang yang kalian masukkan ke tabungan ini tidak akan dicatat ke tabungan kalian sehingga kalian ngga bakal sadar kalo kalian masih punya uang itu. Jadi nanti suatu hari saat kalian ngecek saldo kalian di atm beneran, kalian baru akan sadar kalau duit kalian sudah banyak.


Kalian juga bisa membuat rencana budget keuangan untuk kategori tertentu. Misalnya di gambar ini aku sudah menetapkan budget untuk makanan dan pulsa aku. Untuk bulan depan.
Makan di bulan depan, aku ngga boleh mengeluarkan uang lebih dari jumlah yang sudah aku tentukan untuk bulan itu. Kalau jumlahnya mulai mendekati, maka aplikasi ini akan mengingatkan aku untuk mulai berhemat.


Aplikasi ini bener-bener aplikasi yang aku butuhkan. Karena aku sangat boros dan selalu kesulitan dalam mengatur pengeluaran. Nah dengan aplikasi ini aku bisa mulai mengatur budgetku untuk berhemat dan menyimpan uang ku untuk hal yang lebih penting lainnya.

Kalau kalian juga sama seperti aku, maka kalian mesti cobain aplikasi ini. Percaya deh keuangan kalian bakal lebih teratur setelah kalian makai aplikasi ini.

Ini linknya kalau kalian mau langsung download. Download Here
dan
ini website resminya

Silahkan komen di bawah bagaimana pendapat kalian soal aplikasi ini juga. :)

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete